top of page
Search
  • Writer's pictureOur Cargo

Apa yang dimaksud dengan kode HS atau Harmonized System Code?


Pengertian kode HS atau HS Code
Kode Harmonized System

Pengertian Kode HS

Suatu kode indentitas penggolong barang yang dibuat secara sistematis untuk mempermudah penafsiran, transaksi perdagangan, pengankutan.

Kode HS sendiri merupakan sebuah kode yang ditulis berdasarkan standar yang telah dibuat oleh lembaga yang berhubungan dengan ekspor impor secara global.






Awal Mula kode HS

Sistem Harmonized System dikembangkan oleh Organisasi Bea dan Cukai Dunia (World Customs Organization/WCO) dan diperkenalkan pada tahun 1988. Tujuan utama HS Code adalah menyediakan kerangka kerja yang konsisten dan universal untuk mengklasifikasikan produk yang diperdagangkan. Hal ini memudahkan negara-negara untuk menyusun statistik perdagangan internasional, mengenakan tarif, mengontrol impor dan ekspor, serta menyusun peraturan dan dokumentasi yang terkait dengan bea cukai.


Penjelasan Kode HS

Kode HS terdiri dari enam digit, yang secara bertahap dapat diperluas menjadi delapan atau lebih digit oleh negara-negara individu untuk mencakup lebih banyak detail tentang produk tertentu. Setiap digit dalam kode memiliki makna yang berbeda. Contohnya, tiga digit pertama dalam kode HS mengidentifikasi bab atau bagian besar produk, sementara digit-digital selanjutnya memberikan detail lebih spesifik tentang jenis produk tersebut.


Penggunaan kode HS

Kode HS digunakan secara luas dalam berbagai aspek perdagangan internasional, termasuk bea cukai, dokumentasi perdagangan, statistik perdagangan, analisis pasar, serta penelitian dan pengembangan produk. Dalam perdagangan internasional, penggunaan kode HS yang tepat sangat penting untuk memastikan konsistensi dan keakuratan dalam pemberlakuan tarif, pengawasan keamanan, dan pemenuhan persyaratan bea cukai lainnya.


7 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page